Mengenal Benua Australia

Share:


Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia. Luas wilayahnya sekitar 8.560.000 km². Benua Australia letaknya berada di sebelah tenggara negara Indonesia. Benua Australia ditemukan pada tahun 1606. Ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda, Willem Janez.
Pada tahun 1644 Pulau Tazmania dan New Zealand ditemukan oleh Abel Tasman. Pada tahun 1770 pelaut dari Inggris menemukan pantai timur Australia. Sejak saat itulah bangsa Inggris menduduki Australia. Australia merupakan negara persemakmuran Inggris. Wilayahnya terbagi menjadi enam bagian dan dua daerah teritorial. Berikut ini nama-nama negara bagian dan daerah teritorial Australia.


Benua Australia




Nama negara : Australia
Ibukota negara : Canberra
Bentuk negara : Persemakmuran (Dominion)
Kepala negara : Ratu Inggris
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Lagu kebangsaan : Advance Australia Fair
Bahasa Nasional : Inggris
Mata uang : Dolar Australia

 


a. Kenampakan Alam
Di bagian barat terdapat Pegunungan Darling, Bukit Robinson, Bukit Hamerley, Bukit Robertson, dan Bukit Throsell. Di bagian barat laut terdapat Plato Kimberly. Di bagian barat daerahnya juga berupa gurun pasir, yaitu Gurun Victoria dan Gurun Gibson. Di bagian utara terdapat Dataran Arnhem, Dataran Barky, Gurun Tanami, Bukit Gregory, dan Semenanjung York. Di bagian tengah terdapat Pegunungan Macdonnele, Bukit Musgrave, Bukit Grey, dan Gurun Simpson. Di bagian selatan terdapat Gurun Victoria, Dataran Nullarbar, dan Bukit Flinders. Di bagian timur gunung tersebut membentang dari Semenanjung York hingga Gurun Victoria.
Di bagian timur juga terdapat karang penghalang besar. Di daerah dataran rendah Australia mengalir Sungai Georgina, Sungai Diamantina, dan Sungai Barcoo. Sungai-sungai tersebut bermuara di Danau Eyre.
Di Australia terdapat dua iklim, yaitu iklim, tropis dan subtropis. Di bagian utara beriklim tropis dan mempunyai 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Di bagian selatan beriklim subtropis dan mempunyai 4 musim, yaitu musim semi,  panas,   gugur, dan musim dingin.





Negara Bagian di benua Australia.


  1. Australia Barat ibukota: Perth

  2. Australia Selatan ibukota Adelaide

  3. Queensland ibukota Brisbane

  4. New South Wales ibukota Sydney

  5. Victoria ibukota Melbourne

  6. Tasmania ibukota Hobart

  7. Teritorial Australia Barat ibukota Darwin

  8. Teritorial Ibukota Australia ibukota Canberra




b. Keadaan Sosial dan Ekonomi
Jumlah penduduk Australia pada tahun 2001 sekitar 18.972.350 jiwa. Kepadatan penduduknya kurang lebih 2 jiwa/km². Penduduk asli Australia suku Aborigin. Sedangkan penduduk yang lain merupakan pendatang dari Inggris. Suku Aborigin terkenal dengan senjata tradisional khas, yaitu Bumerang.


Benua Australia

Sebagian besar penduduknya beragama Kristen Protestan.
Hasil bidang pertanian Australia meliputi gandum, padi, kapas, dan buah-buahan, seperti anggur, jeruk, dan apel. Peternakan di Australia, yaitu sapi dan biri-biri. Hasil ternak melimpah, yaitu daging, susu, keju, dan wol. Hewan khas Australia adalah Kanguru.

Benua Australia

Hasil tambang Australia, yaitu emas, perak, biji besi, dan batu bara. Pertambangan emas berada di Kargarlie dan Coalgardie, perak di New South Wales, bijih besi di Queensland, batu bara di New Castle dan Sydney.



Barang-barang ekspor Australia meliputi wol, keju, susu, dan hasil industri karet. Adapun barang-barang yang diimpor, antara lain teh, gula, kopi, karet, rempah-rempah, dan minyak
bumi.

 


Tidak ada komentar