Bilangan Pecahan

Share:


Materi Bilangan Pecahan adalah salah satu materi pelajaran Matematika kelas V semester 2. Dan sebagai referensi pembelajaran, pada kesempatan ini kami postingkan materi Bilangan Pecahan untuk Kelas V SD Semester 2.


Diharapkan, mempelajari materi Bilangan Pecahan ini, maka kalian akan menguasai:

1. mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dancampuran;

2. mengubah pecahan ke bentuk persen atau sebaliknya;

3. mengubah pecahan ke bentuk desimal atau sebaliknya;

4. memahami arti pecahan persepuluh, perseratus, perseribu, dan persen;

5. membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai;

6. menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan;

7. melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan;

8. melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan;

9. melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan;

10. melakukan pembagian pecahan dengan pecahan;

11. melakukan hitung campuran berbagai bentuk pecahan;

12. memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pecahan;

13. mengenal arti pecahan sebagai perbandingan;

14. memahami skala sebagai perbandingan;

15. melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala

Kamu tentu sudah tahu apa yang dimaksud dengan bilangan. Lalu apakah bilangan pecahan itu? Bagaimana menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah? Mari kita pelajari uraian selanjutnya.


Mengubah Pecahan ke Bentuk Persen serta Sebaliknya



Persen untuk menyatakan bagian dari kuantitas atau banyak benda tertentu. Pada gambar dibawah, banyaknya gundu yang dibatasi kotak adalah 25 buah, sedangkan seluruhnya adalah 100 buah. Pecahan untuk gambar dibawah adalah 25/100 , dibaca dua puluh lima perseratus.Perseratus disebut persen, lambangnya %. 25/100 = 1/4, maka persen untuk 1/4 adalah 25 persen atau 25%.


Bilangan Pecahan

Dibawah ini contoh soal cerita mencari %.



Selain persen (%), ada lagi yang disebut permil (o/ oo). Permil artinya perseribu. Lambang untuk permil adalah o/ oo. Misal 5 o/oo dibaca lima permil, artinya  5/1000. Permil untuk menyatakan bagian dari kuantitas atau banyak benda tertentu.





Mengubah Persen ke Bentuk Pecahan



Persen artinya perseratus, artinya setiap bilangan persen dapat dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut pecahan 100. 



Menggunakan Persen dalam Perhitungan



Kita sudah tahu bahwa persen menyatakan bagian atau banyak benda tertentu.


Sebanyak 40% dari siswa SD Sukamaju adalah perempuan. Jika jumlah siswa SD Sukamaju 245 orang, berapa orang jumlah siswa perempuan?

Jawab:

Diketahui : Jumlah siswa = 245 orang.Siswa perempuan = 40%.

Ditanyakan : Banyaknya siswa perempuan.

Penyelesaian : Siswa perempuan 40% = 40/100=25


                         dari jumlah.= 25 x 245 = 98 orang





Menjumlahkan Berbagai Bentuk Pecahan



Ada berbagai bentuk pecahan. Untuk mengingat kembali bentuk bentuk pecahan itu, lihat penyelesian dibawah ini.


Bilangan Pecahan





Demikian materi singkat mengenai bilangan pecahan. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar